Posted by : Dddfggg
Selasa, 08 Oktober 2013
1.
Keberadaan BK dalam pendidikan merupakan
konsekuensi logis dari hakekat pendidikan itu sendiri
2.
Teori BK bertolah dari pandangan tentang hakekat
manusia dan dikembangkan dari kerangka pikir tentang perkembangan kepribadian
dan peribahan perilaku yang dapat dipahami dari berbagai model teori
3.
Proses BK merupakan sebuah perjumpaan
perkembangan yang didalamnya akan memperhadapkan konselor kepada
persoalan-persoalan nilai-nilai yang dianut individu dan pengaruh konselor yang
mungkin terjadi terhadap perkembangan nilai individu (konselor menjadi model)
4.
Esensi tujuan BK terletak pada kemandirian
individu atau dengan kata lain, kemandirian adalah tujuan BK
5.
Pendidikan bertolak dari hakekat manusia dan
merupakan upaya membantu manusia untuk menjadi apa yang bisa dia perbuat dan
bagaimana dia harus menjadi dan berada
6.
Mendidik berarti bertindak secara bertujuan
dalam mempengaruhi perkembangan manusia. Tindakan mendidik adalah pilihan moral
dan bukan pilihan teknis belaka